Diinvasi Rusia, Ukraina Kirim Surat ke 8 Bursa Aset Kripto

Konflik Rusia dan Ukraina menyebabkan gejolak di pasar keuangan. Namun, di pasar aset kripto banyak perihal unik sudah terjadi.

Dilansir dari Coindesk, Selasa (1/3), Kementerian Transformasi Digital Ukraina mengirim surat resmi ke delapan bursa aset kripto.

Diinvasi Rusia, Ukraina Kirim Surat ke 8 Bursa Aset Kripto

Ukraina berharap mereka untuk berhenti melayani pengguna Rusia karena kekuatiran bahwa mata uang digital digunakan untuk menjauhkan sanksi.

Ukraina mengirimkan surat selanjutnya ke Coinbase, Binance, Huobi, KuCoin, Bybit, Gate.io, Whitebit dan Kuna.

Surat-surat itu dikirim sesudah Mykhailo Fedorov, wakil perdana menteri Ukraina dan menteri transformasi digital, terhadap Minggu (27/2) malam berharap semua bursa kripto untuk memblokir alamat pengguna Rusia.

Bursa aset kripto Binance menyatakan tidak punyai rencana untuk secara sepihak melarang pengguna Rusia dari platform Judi Slot Pragmatic Bet Murah tersebut.

“Jika komunitas internasional memperluas sanksi selanjutnya lebih jauh, kita akan menerapkannya secara agresif juga,” kata Binance.

Departemen Keuangan AS terhadap Senin (28/2) bergerak untuk beri tambahan ketentuan untuk menggagalkan penghindaran sanksi oleh Rusia.

Pasalnya, negara itu melanjutkan agresinya terhadap Ukraina.

Peraturan baru melarang transaksi atau transaksi yang menipu atau terstruktur untuk menjauhkan sanksi Amerika Serikat (AS) juga melalui pemanfaatan mata uang atau aset digital atau pemanfaatan aset fisik.

Seorang perwakilan dari Kementerian Transformasi Digital di Ukraina menyatakan surat selanjutnya berharap pertukaran mata uang kripto yang terdaftar untuk menghentikan pertolongan ke Rubel Rusia, spot rubel dan gateway fiat, juga sistem pembayaran Rusia.

Kementerian juga berharap bursa aset kripto untuk memblokir semua pelanggan Rusia.

Coinbase menyatakan tidak akan melembagakan larangan menyeluruh terhadap transaksi yang melibatkan alamat Rusia.

Namun, Coinbase akan memblokir account atau transaksi yang kemungkinan melibatkan individu atau entitas yang terkena sanksi.

“Misi kita adalah untuk meningkatkan kebebasan ekonomi. Larangan sepihak dan keseluruhan akan menghukum warga Rusia biasa,” ujar Coinbase.